12 Macam Terima Kasih dalam Bahasa Jepang Terpopuler

Hallo minasan, hari ini kita belajar ucapan terima kasih lagi tetapi selain ucapan terima kasih arigatou, arigatou gozaimasu yang sudah kita sering dengar dimana-mana dan memang sudah kita pelajari kemaren. 



Ada banyak sekali macamnya kata terima kasih dalam bahasa Jepang sama seperti bahasa Indonesia. Contohnya trims, thanks, matur nuwun, suwun, makasih dan banyak lagi. Okay daripada berlama-lama kita mulai dari sekarang. :D

1. Otsukaresama Deshita. [おつかれさまでした]
Di Jepang jika kita menyuruh seseorang melakukan sesuatu untuk kita, kita wajib menghargainya dengan berkata "Otsukaresamadeshita" yang artinya terima kasih telah berkerja keras (untukku). 

Kata ini juga bisa diucapkan pada orang-orang yang terlibat dalam suatu kegiatan dan pada saat pisah untuk pulang ke rumah masing-masing. Biasanya juga diucapkan oleh dosen pengajar, saat pulang kuliah atau saat membuka pembicaraan telpon juga bisa dipakai.
“Otsukaresamadesu” biasanya diucapkan di tempat kerja sebagai tanda terima kasih telah bekerja membantu kita. Kata ini berasal dari kata “tsukare” yang artinya lelah/capek. 

Jika kepada rekan kerja yang jabatannya sama dengan kita atau rekan junior yang lebih mudah, cukup ucapkan “Otsukaresama” atau “Otsukare” saja. Anda pasti sering mendengarnya ketika bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia.

2. Osewa ni narimashita. [おせわになりました]
Kata terima kasih ini biasa diucapkan jika kita berbicara ke orang yang lebih tinggi misalnya ke orang lain yang sudah mau mengajari kita, ke guru atau pengajar maupun bos. 

Kata ini bisa diartikan "terimakasih banyak atas bimbingannya selama ini", dengan mengatakan ini kita telah menghargai karena kita sudah merepotkan sekali untuk mereka. 

3. Otesuu desu ga. [お手数ですが]
Diungkapkan saat merasa sangat berterima kasih dengan perasaan amat merepotkan, ditekankan pada keuntungan yang diterima oleh pembicara. 

Kata ini dipakai bukan pada Bahasa lisan. Kita bisa lihat tulisan ini pada mesin-mesin ATM di Jepang, mesin disana selalu menggunakan ungkapan ini. 

Jika anda salah pencet atau salah memasukkan kartu, pihak bank akan memberitahukan informasi melalui mesin ini. Intinya mereka mau menyampaikan terima kasih pada pemakai ATM dan mempersilahkan untuk mengulangi lagi.

4. Osoreirimasu [恐れ入ります]
Osoreirimasu ini juga mirip sekali artinya dengan no 8. Terima kasih tetapi dalam situasi yang sangat formal. Biasa dipakai di percakapan bisnis [bijinesu kaiwa]. Lebih sering terdengar dalam percakapan sehari-hari karena bukan bahasa tulis yang baku seperti 『お手数ですが』otetsuu desu ga.


5. Itadakimasu.[いただきます] 
Anda pasti sering mendengarnya tapi banyak orang yang salah mengartikan bahwa ini adalah ungkapan selamat makan atau mari kita makan. 

Arti sebenarnya itadakimasu adalah untuk menyatakan terima kasihnya pada semua orang-orang yang telah terlibat sehingga makanan ini bisa tersaji di hadapan mata kita, mulai dari pak tani yang menanam padi sampai si koki yang bertugas memasakkan untuk kita, tanpa melibatkan unsur ke-Tuhan-an. [Tahukan orang Jepang itu Atheis]


12 Macam Ucapan Terima Kasih Selain Arigatou dalam Bahasa Jepang

6.Yoroshiku Onegai shimasu.[よろしくお願いします]
Sudah belajar cara perkenalan khan? Coba buka kembali dan anda bisa lihat bahwa orang Jepang selalu mengakhiri dengan kata yoroshiku onegaishimasu. 

Kata ini sebenarnya mengandung makna berterima kasih kepada anda yang sudah mau berkenalan dan bersedia saling direpoti sebagai teman mulai dari sekarang. 

7. Dōmo [どうも]
Kata doumo ini adalah kata informalnya terima kasih. Bentuknya sangat singkat dan praktis. Biasanya digunakan pada sesama teman, sahabat dan keluarga. Kalau di Indonesia mungkin sama artinya dengan makasih. 

Jika mau lebih sopan bisa juga ditambahkan dengan arigatou gozaimasu menjadi doumo arigatou gozaimasu yang artinya makasih banyak. 

8. Sankyu. [サンキュー]
Sankyu adalah bahasa serapan dari thank you bahasa Inggris. Namun karena orang Jepang tidak bisa ngomong t jadi thank you menjadi sankyu. Sankyu artinya terima kasih. Sankyu biasa dipakai sama anak remaja Jepang zaman now.  Hehe

9. 39 [サンキュー]
39 dibaca apa di bahasa Jepang? ayo lihat lagi pelajaran bilangan dalam bahasa Jepang! Nah iyakan 3 bacanya san dan 9 bacanya kyu. Jadilah sankyu yaitu thank you. Makanya ditulis dalam katakana karena berasal dari bahasa Inggris yang artinya terima kasih.


10. Ookini [おおきに]

“Ookini” adalah terima kasih dalam bahasa daerah khas Jepang yaitu Kansai. Daerah Kansai meliputi Kyoto, Oosaka, dan lain-lain. Sebagai jaga-jaga saja supaya kalian tidak kaget ketika mendengar kata ini, orang-orang Osaka biasa mengucapkan terima kasih dengan kata “ookini.”

11. Gokurousamadeshita [ごくろさまでした]

Arti kata ini adalah Terima kasih atas bantuannya. Sama seperti otsukaresamadesu tetapi untuk bentuk ini terlihat lebih kasar dan diucapkan hanya kepada bawahan, rekan kerja yang sederajat, teman atau bisa saja seseorang yang lebih muda usianya dari kita. 

Ditekankan pada rasa keuntungan yang diterima pihak pembicara dan hubungan keduanya antara posisi atasan dan bawahan. Selain urusan kerja kata ini bisa juga diucapkan kepada pegawai pos yang telah mengantar paket ke rumah kita.


12. Gochisou sama deshita[ごちそうさまでした]

Ketika kita dijamu [diberi makanan] oleh seseorang, untuk mengekspresikan rasa terima kasih karena sudah diberi hidangan adalah dengan mengucapkan “gochisou sama deshita” yang artinya terima kasih banyak atas hidangan/jamuannya.

Ucapan terima kasih ini diucapkan setelah makan ya, waktu nasi di piring kita sudah habis. Sedangkan sebelum makan mengucapkan itadakimasu.

Nah bagaimana sudah mengerti atau belum???

0 Komentar