3 Macam Terima Kasih Arigatou dalam Bahasa Jepang

 Hallo kawan-kawan di dunia, Hikari sensei akan membagikan sebuah pelajaran lagi nih di bab ini. 

Arti kata ~ですdesu dalam bahasa Jepang

Kali ini kita akan membahas mengenai 2 macam ucapan terima kasih, "Arigatou gozaimasu" atau "Arigatou gozaimashita."
Ucapan Terima Kasih Arigatou, Arigatou Gozaimasu dan Arigatou Gozaimashita dalam Bahasa Jepang

1. Arigatou Gozaimasu [ありがとうございます]

Jika anda pernah ke Jepang arigatou gozaimasu sering diucapkan dimana-mana secara resmi lewat oshirase (pengumuman) ketika kita sedang berada di tempat umum dan kendaraan seperti pesawat, bis, kereta, dan mall-mall di negara yang terkenal akan sakura ini. 

Saking sopannya orang Jepang selalu mengucapkan arigatou dengan posisi sedikit membungkuk kepada seseorang yang diajaknya bicara. 


Ucapan Terima Kasih Arigatou, Arigatou Gozaimasu dan Arigatou Gozaimashita dalam Bahasa Jepang

Sedangkan cara membaca arigatou gozaimasu ada 2 versi bisa membaca dengan aringatoo gozaimas atau dibaca arigatoo gozaimas. Yang perlu diperhatikan adalah tou pada arigatou harus panjang dan u hilang menjadi too, dan u di akhir kata masu harus dihilangkan. Sedangkan aringatoo atau arigatoo terserah anda mau pakai yang mana.

2. Arigatou Gozaimashita [ありがとうございました]

Sama seperti arigatou gozaimasu. Kata ini juga artinya terima kasih, namun bedanya kata ini memakai bentuk kata kerja masa lampau ~mashita.

Ariagatou gozaimashita juga digunakan sebagai pengumuman di tempat umum sama seperti arigatou gozaimashita, namun ada bedanya. Bedanya bisa kalian temukan di bawah ini:

Misalnya pengumuman di pesawat. 
Pramugari biasanya waktu lepas landas menerangkan sesuatu tentang pesawat dan mengucapkan nani nani nani.. arigatou gozaimasu. (Terima kasih telah datang di pesawat kami)

Ketika mau turun pesawat pramugari juga menjelaskan sesuatu nani nani nani... dan di akhiri dengan arigatou gozaimashita. (Terima kasih telah naik pesawat kami)

Di bus dan kereta juga, di speaker ketika berangkat mereka menggunakan arigatou gozaimasu, sedangkan ketika akan turun diakhiri dengan kata arigatou gozaimashita

Dari hal-hal tersebut kita bisa ambil kesimpulan bahwa arigatou gozaimasu digunakan sebelum melakukan sesuatu hal, sedangkan arigatou gozaimashita digunakan setelah melakukan suatu hal.

Di bus Jepang, arigatou gozaimashita seringkali menjadi tanda akan sampai tujuan, bahkan orang-orang Jepang yang tidur akan segera bangun dari mimpi indahnya ketika ada teriakan arigatou gozaimashita dari dalam speaker bis.

Bentuk ini juga sering digunakan dalam surat. Misalnya surat untuk berterima kasih karena perna ditolong (dan kejadiannya sudah selesai) maka bisa pakai arigatou gozaimashita.

Arigatou gozaimashita dibaca dengan menghilangkan kata i pada shita jadi bacanya arigatoo gozaimasta atau aringatou gozaimasta.

3. Arigatou [ありがとう]

Arigatou dalam bahasa Indonesia artinya makasih. Ini merupakan kata non formal dari Arigatou gozaimasu. Biasa digunakan untuk teman sebaya atau ke orang yang lebih mudah.

0 Komentar