Kumpulan Huruf Abjad Hiragana dalam Bahasa Jepang Lengkap

Hiragana (ひらがな、平仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa Jepang dan mewakili sebutan sukukata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita. 



huruf hiragana b.jepang

Kaum lelaki pada masa itu menulis menggunakan tulisan Kanji dan Katakana. Hiragana mula digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi. [Dikutip dari Wikipedia]


Silahkan klik huruf hiragana yang diinginkan untuk melihat cara penulisannya ya atau klik kanan pada huruf hiragana yang diinginkan lalu pilih open new tab. Selamat belajar!

Huruf Hiragana

a      i      u     e     o

ka    ki     ku    ke    ko

sa    shi    su    se    so

ta    chi   tsu    te    to

na     ni    nu    ne    no

ha    hi     fu     he    ho

ma   mi   mu   me   mo

 ya     yu     yo    n    o 

ra   ri    ru    re    ro

wa


Note: 
Mengapa huruf O-nya ada 2? Itu karena fungsinya berbeda. Huruf   yang ini bisa digunakan untuk kalimat atau kata. Sedangkan huruf yang ini adalah untuk menulis partikel. Bagi yang masih pemula mungkin bingung cara nulis  partikel ini. Pengalaman juga soalnya. Hehehe. 

Nulis  partikel nulisnya bukan langsung ketik O gitu aja. Tapi nulisnya ngetik 'Wo'. Jadi kesimpulannya cara menulis huruf を adalah wo, sedangkan cara bacanya adalah o.



Huruf Ha は sama seperti Wo を, keduanya adalah partikel bahasa Jepang. Huruf Ha は dibaca wa bukan Ha, namun cara menulisnya ha bukan Wa. Jadi kesimpulannya cara menulis huruf Ha は adalah ha, sedangkan cara bacanya adalah wa. Mengerti khan?

Penggunaan Huruf Hiragana:
1. Menulis akhiran kata atau dalam bahasa Jepangnya disebut Okurigana (送り仮名). Misalnya pada penulisan taberu (makan) ditulis 食べ. Yang bercetak tebal itulah yang namanya okurigana.

2. Menulis kata keterangan (adverb), beberapa kata benda (noun) dan kata sifat (adjektif). Misalnya penulisan kata keterangan totemo (sangat) ditulis とても.

3. Perkataan-perkataan yang penulisan Kanji-nya tidak diketahui atau sudah lama tidak digunakan. Misalnya penulisan kata takusan (banyak) ditulis たくさん. Kanjinya sebenarnya  沢山, tapi orang Jepang jarang memakainya.

4. Menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku teks, animasi dan komik (manga). Mengapa? karena anak-anak masih belum diajarkan membaca kanji. Jadi untuk memudahkan anak-anak membacanya dibuatlah cerita dengan penulisan hiragana.

5. Menulis onomatope bahasa Jepang juga terkadang memakai huruf hiragana. Misalnya peniruan bunyi binatang, suara benda, atau suara gerakan. 

Kalau bahasa Jepangnya seperti dokidoki (seperti bunyi 'deg-deg' dalam bahasa Indonesia yang menyatakan debaran jantung kita berdetak ) ditulis どきどき. Bentuk yang lain bisa dilihat dalam gambar.

6. Menulis furigana, dikenal juga dengan rubi, yaitu teks kecil yang berada diatas kanji atau disamping kanji yang menandakan bagaimana cara baca kanji tersebut. Misalnya:


Daftar Chart Huruf Hiragana, Cara Baca Hiragana dan Cara Penulisannya

Cara Penulisan Hiragana:
Cara penulisan huruf hiragana ini tidak boleh asal nulis saja tapi harus berurutan goresannya. Untuk itu IntanHikari sudah menyiapkan dengan lengkap cara penulisan huruf hiragana ini. Kalian bisa klik huruf yang ingin kalian pelajari, lalu tirukan cara membuat huruf itu goresan demi goresan sampai kalian hapal.



Cara Pengucapan Hiragana:
Orang Jepang terkenal akan suara uniknya. Dalam pengucapan hiraganapun terlihat pengucapan khas dari orang Jepang. Kalian bisa mempelajarinya juga dengan menge-klik salah satu huruf hiragana di atas. Pilih huruf, kemudian klik play untuk mendengarkan suara dari native bahasa Jepang.

Cara Merangkai Huruf Hiragana:
Cara merangkai huruf hiragana menjadi sebuah kata sangatlah mudah. Kalian hanya menyusunnya seperti huruf alfabet biasa. Misalnya menulis Yuki cara nulisnya Yu-Ki, cara penulisan bahasa Jepangnya ゆき artinya salju。


Selesai sudah kita belajar menulis hiragana standart. Jangan lupa mampir kesini lagi karena masih ada jenis hiragana yang belum kita bahas yaitu hiragana dakuon, hirgana handakuon dan hiragana yoon. Apa itu tunggu artikel selanjutnya ya. 

Sumber: Wikipedia dan Kuliah

8 Komentar

  1. Terimakasih untuk pengajarannya. Lagi belajar bahasa jepang secara ototidak (*buat sekarang ini) untuk persiapan kuliah di sana sekitar 2 tahun lagi. Yoroshiku onegaishimasu, sensei^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arigatou mau belajar disini, Arum-san. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Ganbattene (Semangat Yah!). Kochirakoso Yoroshiku.. :)

      Hapus
  2. Senpai, sy msih bingung dgn huruf き,koq bentuknya beda2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja kog, emang kadang penulisan huruf ki / き goresan bawahnya bisa digabung atau nggak.

      Hapus
  3. Apa pernah pergi ke jepang...bagaimana caranya tinggal di sna dan menetap yg katanya hanya 3 tahun serta punyak pekerja dan tempat tinggal di sana krna sya ingin skali merubah ekonomi saya yg sangat terbatas tolong infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ikut program pemagangan ke jepang bisa browsing di ggoogle. atau kalau mau bisa ikut beasiswa spy dapet sekolah dan tgl gratis.

      Hapus
  4. arigatou gozaimase.. sangat membantu saya yang baru belajar bahasa ini. :) :)

    BalasHapus