Daftar Katakana dalam Bahasa Jepang Lengkap Full Chart

Selesai sudah kita belajar menulis hiragana standarthiragana dakuon, handakuon, dan youon. Hari ini saatnya kita belajar Apa itu Katakana? Apa sudah ada yang tahu?


Daftar Huruf Katakana, Cara Tulis dan Penggunaannya

Katakana (かたかな、片仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa Jepang dan digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang disebut juga garaigo (外来語). Tulisan katakana ini lebih sederhana dan lebih mudah daripada penulisan huruf hiragana ataupun kanji. 

Huruf Katakana

ア イ ウ エ オ
a      i      u     e     o

カ キ ク ケ コ
ka    ki     ku    ke    ko

サ シ ス セ ソ
sa    shi    su    se    so

タ チ ッ テ ト
ta    chi   tsu    te    to

ナ ニ ヌ ネ ノ
na     ni    nu    ne    no

ハ ヒ フ ヘ ホ
ha    hi     fu     he    ho

マ ミ ム メ モ
ma   mi   mu   me   mo

ヤ  ユ  ヨ    ン ヲ
 ya     yu     yo    n    wo 

ラ リ ル レ ロ
ra   ri    ru    re    ro

wa


Note: 
Jika kalian perhatikan ada beberapa huruf yang agak mirip. Yup huruf shi dan tsu, lalu huruf so dan n. Jika kalian melihatnya secara seksama akan terlihat mirip. 

Namun, sebenarnya dilihat dari cara penulisannya huruf tersebut tidaklah sama. Goresan tiap huruf tersebut sangatlah berbeda. Kalian akan bisa membedakan ketika mempelajari cara tulis huruf katakana.

Katakana menggunakan tanda vokal panjang yang disebut chōonpu ("tanda vokal panjang") dalam kata kata pinjaman asing. Chōonpu adalah garis pendek (ー) yang mengikuti arah teks, garis horisontal untuk yokogaki (teks horizontal), dan garis vertikal untuk tategaki (teks vertikal). Sebagai contoh lihat cara penulisan kata nooto dalam bahasa Jepang dibawah ini:

Penulisan horizontal: 
ノート
Penulisan vertikal:   


Nooto [ノート] adalah gairaigo yang artinya notebook [buku catatan] 
yang diambil dari kata bahasa Inggris note . 

Penggunaan Huruf Katakana:
1. Katakana paling sering digunakan untuk transkripsi kata-kata dari bahasa asing (selain kata-kata historis diimpor dari Cina), yang disebut gairaigo. Sebagai contoh, "televisi" ditulis terebi テレビ.

2. Menulis nama orang asing [bukan orang Jepang], nama tempat di luar Jepang, nama negara lain selain Jepang. Misalnya nama intan ditulis インタン, negara Indonesia ditulis インドネシア.

3. Nama-nama perusahaan Jepang terkadang memakai huruf katakana. Namun tidak semua perusahaan menuliskan nama perusahaannya dengan katakana. Misalnya perusahaan Toyota ditulis トヨタ.


Daftar Huruf Katakana, Cara Tulis dan Penggunaannya

4. Istilah teknis dan ilmiah, penulisan dalam buku biologi. Seperti nama-nama hewan dan tumbuhan spesies dan mineral, umumnya ditulis dalam katakana. Misalnya manusia sebagai spesies makhluk hidup, ditulis ヒト [hito] bukan ditulis memakai huruf kanji 「人」.

5. Menulis onomatope bahasa Jepang kebanyakan memakai huruf katakana. Seperti kata yang digunakan untuk bunyi suatu objek. Misalnya suara kucing mengeong ditulis nyaa nyaa dalam bahasa Jepangnya seperti ini ニャーニャー.

6. Menulis suatu penegasan dalam kalimat bahasa Jepang. Khususnya pada tanda-tanda, iklan, dan tulisan berjalan pada papan reklame. Misalnya penulisan ココ koko (disini), ゴミ Gomi (sampah), atau メガネ MEGANE (kacamata).

Cara Penulisan Katakana:
Cara penulisan huruf katakana ini tidak boleh asal nulis saja tapi harus berurutan goresannya. Untuk itu intanhikari sudah menyiapkan dengan lengkap cara penulisan huruf katakana ini.

Daftar Huruf Katakana, Cara Tulis dan Penggunaannya

Daftar Huruf Katakana, Cara Tulis dan Penggunaannya

Cara Tulis Katakana Lengkap

Cara Tulis Katakana Lengkap

Cara Tulis Katakana Lengkap

Cara Tulis Katakana Lengkap

Cara Tulis Katakana Lengkap

Cara Tulis Katakana Lengkap

Cara Tulis Katakana Lengkap

Daftar Huruf Katakana, Cara Tulis dan Penggunaannya

Cara Merangkai Huruf Katakana:
Cara merangkai huruf hiragana menjadi sebuah kata sangatlah mudah. Kalian hanya menyusunnya seperti huruf alfabet biasa. Misalnya menulis Roma cara nulisnya Ro-Ma, cara penulisan bahasa Jepangnya ロマ artinya Roma, nama tempat atau nama orang.


Selesai sudah kita belajar menulis katakana. Jangan lupa berkomentar kalau tidak mengerti dan jangan lupa kritik kalau masih belum puas dengan penjelasan artikel ini. 

Kritik dan Komentar kalian sangat ditunggu untuk membuat blog ini menjadi lebih baik. Share artikel ini jika menurut kalian berguna untuk orang lain. 

Like, Follow Google+, dan Daftarkan email kalian di kotak samping artikel ini jika ingin berlangganan artikel langsung dari blog intanhikari. 

Sumber: Wikipedia dan Kuliah

6 Komentar

  1. Mau nanya nih, kalo nama 'Nadya' nulis katakana nya jadi gimana ya?hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pake na - di - a = ナディア karena y bisa diganti sama i

      Hapus
  2. Kan di jepang gk ada huruf f,l,q,v,x. Nah kalo namanya fitri,lusy,faqih,devi,alex itu kalo dirubah ke katakana jadi gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitri jadi bi - to - ri = ビトリ
      Lusy jadi ru - shi = ルシ
      Faqih jadi Ba - ki = バキ
      Devi jadi De - bi = デビ
      Alex jadi A - re - ku = アレク

      Hapus
  3. Kak, gimana caranya kita tahu, kalau nama seseorang itu menggunakan tanda (ー)?.

    BalasHapus