Angka dan Bilangan Dalam Bahasa Jepang 0 - 1.000.000.000.000

Ogenki desuka minasan... Hari ini kita belajar bahasa Jepang lagi untuk mengenal angka atau bilangan dalam bahasa Jepang. Gak terlalu susah kok ngapalinnya cuma tinggal apalin yg nol,1 sampai 10. 
Angka dan Bilangan Dalam Bahasa Jepang 0 - 1.000.000.000.000

  • Angka 0-10
0  Zero / Rei  ゼロ・れい
1  Ichi  いち
2  Ni  に
3  San  さん
4  Yon/Shi  よん / し
5  Go  ご
6  Roku  ろく
7  Nana/Shichi  なな / しち
8  Hachi  はち
9  Kyu  きゅう
10  Juu  じゅう


Untuk angka selanjutnya bisa lihat gambar di bawah ini:




















Bilangan 1 - 10 tersebut,  ada beberapa bilangan yang mempunyai beberapa sebutan, hal tersebut tergantung dari anda mau menghitung apa. Misalnya menghitung orang, menghitung lembar, menghitung kendaraan, tanggal dan banyak lagi lainnya. Jadi berbeda-beda.

0 = ゼロ・れい  =  Zero / Rei
4 =    四 / し           =  Shi, yon atau yo
7 =    七 / しち       =  Shichi, nana
9 =    九 / きゅう   =  Kyuu, ku
10 =  十 / じゅう   =  Juu, too

Tapi dasarnya untuk menghitung bilangan biasa tanpa menghitung apa apa adalah memakai ini
0 = Zero (Orang Jepang lebih suka memakai bahasa Inggris walaupun nol juga mempunyai sebutan bahasa Jepangnya)
4 = Yon (Jarang pakai shi karena artinya bisa jadi juga kematian, jadi sama orang Jepang dianggap keramat, bahkan di hotel yg percaya akan hal itu menghilangkan no kamar dan lantai no 4)
7 = Sichi
9 = Kyuu
10 = Juu

  • Angka Puluhan
Untuk puluhan caranya seperti ini ya, seperti perjumlahan. Hehehe
Misalnya 11 = 10 (Juu) + 1 (ichi) Jadi bacanya  Juu Ichi
Misalnya 75 = 7 (Nana) +10 (Juu) + 5 (Go) Jadi bacanya Nana Juu Go
Misalnya 89 = 8 (Hachi) + 10 (Juu) + 9 (Kyuu) Jadi bacanya Hachi Juu Kyuu
  • Angka Ratusan

100   Hyaku    ひゃく
200   Ni hyaku    にひゃく
300   Sanbyaku    さんびゃく400   

Yon hyaku    よんひゃく
500   Go hyaku    ごひゃく
600   Roppyaku    ろっぴゃく700   

Nana hyaku    ななひゃく
800   Happyaku    はっぴゃく
900   Kyuu hyaku     きゅうひゃく


Yang saya tebali itu adalah bilangan ratusan special karena pengucapannya lain daripada yang lain. Khusus untuk yang 300 bacanya bukan sanbyaku tapi sambyaku.

Untuk membaca angka ratusan sama seperti puluhan:
315 = 300 + 15 = Sanbyaku juu go
888 = 800 + 88 = Happyaku hachi juu hachi
907 = 900 + 7 = Kyuuhyaaku nana
  • Angka Ribuan
1000   Sen   せん
2000   Nisen   にせん
3000   Sanzen   さんぜん
4000   Yonsen   よんせん
5000   Gosen   ごせん
6000   Rokusen   ろくせん
7000   Nanasen   ななせん
8000   Hassen   はっせん

9000   Kyuusen   きゅうせん

Cara baca ribuan:
8003 = 8000 (Hassen) + 3 (San) = Hassen san 
1020 = 1000 (Sen) + 20 (Ni Juu) = Sen ni juu
5289= 5000 (Gosen) + 200 (Nihyaku) + 89 (Hachi juu kyuu) = Gosen nihyaku hachi juu kyuu
  • Angka Puluhan Ribu
10.000   Ichiman   いちまん (1.0000)
20.000   Niman   にまん
30.000   Sanman   さんまん
40.000   Yonman   よんまん
50.000   Goman   ごまん
60.000   Rokuman   ろくまん
70.000   Nanaman   ななまん
80.000   Hachiman   はちまん
90.000   Kyuuman   きゅうまん
10.0000 Juuman  じゅうまん

Sebenarnya mulai dari sini ada sedikit perbedaan dari Indonesia  karena dalam mata uang Jepang berlaku 4 dijit bukan 3 dijit makanya seratus ribuan ya gak ada. Seperti yang saya tulis di atas, saya emang sengaja nulis 100.000 dengan 4 nol dibelakang mengikuti Jepang. 

Dengan begitu cara bacanya juga beda. Untuk memudahkan kita harus memindahkan titiknya terlebih dahulu. Seperti berikut ini:
34.500 = 3.4500
3.4500 = 3.0000 (San Man) + 4000 (Yon Sen) + 500 (Go hyaku) = San man yon sen go hyaku.

112.344 = 11.2344
11.2344 = 11 (Juu Ichi) 0000 (Man) + 2000 (Nisen) + 300 (Sanbyaku) + 44 (Yon juu yon)= Juu Ichi Man Ni Sen Sanbyaku Yon Juu Yon

1.000.000 = 100.0000 = Hyaku man
2.000.000 = 200.0000 = Ni hyaku man
10.000.000 = 1.000.0000 = Sen man
11.000.110 = 1.100.0110 =  Sen hyaku man hyaku juu
  • Angka Ratusan Juta
100.000.000 = Oku ~億
500.000.000 = Go Oku
900.000.000 = Kyuu Oku 
1.000.000.000 = Ju Oku 
1.000.000.000.000 = 1.0000.0000.0000 = Sen Oku (1 Milyar)

Nah gimana sudah paham belum kawan-kawan??? Agak mbulet ya? Coba baca baik-baik nanti pasti bisa kok :D Semoga bermanfaat

0 Komentar