Kata Penunjuk Tempat Kochira, Sochira, Achira dan Dochira dalam Bahasa Jepang

Baru kemaren hikari sensei menjelaskan tentang asoko, koko dan soko. Nah ini adalah bentuk sopannya dari ketiga kata tersebut dalam bahasa Jepang. 

Biasanya kochira, dochira, dan achira dipakai untuk melayani seorang tamu penting di perusahaan atau instansi. Biasa diucapkan oleh karyawan, petugas hotel atau pelayan kantor. Seperti mengantarkan ke kamarnya atau ke ruangannya. 


Bisa juga untuk mempersilahkan seseorang atau bicara ke atasan supaya bahasanya lebih halus dan sopan dibandingkan koko, soko dan asoko walaupun secara arti sama persis.

Untuk lebih jelasnya yuk kita belajar.

1. Kochira [こちら]
Kochira adalah disini. Kochira merupakan bentuk sopan dari koko. Menunjukkan tempat yang sedang kita injak atau tempat yang memang dekat dengan si pembicara tapi agak jauh dari lawan bicara. Biasa dipakai untuk percakapan bisnis dari pelayan ke atasannya. 

Contoh:
Kochira ni suwatte kudasai.
こちらに座ってください。
Silahkan duduk disini.

2. Sochira [そちら]
Sama seperti soko artinya disitu tetapi lebih sopan. Kata ini menjelaskan tempat yang dekat dengan lawan bicara tapi agak jauh dari si pembicara. Bisa digunakan untuk bijinesu kaiwa [percakapan bisnis] untuk melayani klien, atau bicara secara formal. 

Kata Penunjuk Tempat Kochira, Sochira, Achira dan Dochira dalam Bahasa Jepang

Contoh:
Sochira wa kaigisitsu desu. Douzo ohairi kudasai.
そちらは会議室です。どうぞお入りください。
Disitu ruang rapatnya. Silahkan masuk. 

3. Achira [あちら]
Achira adalah bentuk sopan dari asoko. Fungsinya sama yaitu menunjukkan tempat yang jauh dari pembicara dan lawan bicara [disana]. Digunakan untuk pembicaraan formal atau resmi yang membutuhkan kesopanan dalam bicara. 

Contoh:
Erebeetaa wa achira desu. (sambil menunjuk ke suatu arah)
エレベーターはあちらです。
Liftnya ada disana.

4. Dochira [どちら]
Dochira artinya adalah dimana, bisa dipakai ketika kita sedang kesasar dalam wisata ataupun menanyakan tempat / ruangan di gedung yang kita tidak tahu sebelumnya. Bentuk halus dan sopannya dari doko.

Contoh:
Toire wa dochira desuka? (Bertanya pada seseorang)
トイレはどちらですか。
Toiletnya dimana?

Semoga bermanfaat ya minasan. :D
Jika kurang mengerti bisa tanyakan di komentar.

0 Komentar