要旨*Contoh Penulisan Abstrak Bahasa Jepang dalam Skripsi

Buat yang lagi skripsi dan bingung bikin abstrak bahasa Jepang kayak gimana bisa lihat contohnya disini. Cara penulisannya juga berbeda lho dari yang bentuk formal desu diganti dengan dearu dan sebagainya: 

Kalau anda sudah mempelajari tapi masih ga bisa bikin abstrak bahasa Jepang bisa deh mampir kesini Jasa pembuatan abstrak bahasa Jepang ya. Biar cepat kelar dan langsung sidang. Hehe


要旨*Contoh Penulisan Abstrak Bahasa Jepang dalam Skripsi

ABSTRAK
要旨

Widasari, Intan. 2013. Tindak Ilokusi Direktif dalam Drama Hotaru no Hikari 2 Episode 1-5 Karya Mizuhasi Fumie. Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya.


Pembimbing: (I) Agus Budi Cahyono (II) Aji Setyanto

ウィダサリ、インタン。2013ドラマ『ホタルノヒカリ2』におけるディレクティブ発話内行為。ブラウイジャヤ大学日本語学科。
指導教官:(I)アグスブディチャーヨノ、(II)アジセティヤント

Kata Kunci: tindak tutur, tindak ilokusi, tindak ilokusi direktif, fungsi ilokusi.

キーワード:言語行為、発話内行為、ディレクティブ発話内行為、発話内行為の目的

Manusia sebagai makhluk sosial memerlukan bahasa sebagai alat komunikasi. Komunikasi bukanlah sekadar lambang, kata atau kalimat, tetapi akan lebih tepat apabila disebut produk atau hasil dari lambang, kata atau kalimat yang berwujud perilaku tindak tutur. Tindak tutur terdiri dari 3 jenis yaitu tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi. 

Tindak ilokusi adalah melakukan suatu tindakan dalam mengatakan sesuatu. Tindak ilokusi ada bermacam-macam, diantaranya tindak ilokusi direktif yang berfungsi menghasilkan suatu efek berupa tindakan yang dilakukan oleh mitra tutur. 


Tindak ilokusi direktif bahasa Jepang dapat dilihat dari percakapan sehari-hari seperti percakapan pada drama. Salah satu contoh adalah drama Hotaru no Hikari 2 yang dijadikan sumber data penelitian. Dari tindak tutur ilokusi direktif terdapat fungsi ilokusi yang dilihat berdasarkan tingkat kesopanan.

人間としてコミュニケーションのように言葉が必要である。コミュニケーションといえばシンボル・語・文ではなく、シンボル・語・文の生産の言語行為である。言語行為では発話内行為、発話行為、発語媒介行為の三つがある。発話内行為とは言葉を話しで何かをやることである。発話内行為は色々である。例えばディレクティブ発話内行為が相手に効果を生産する目的である。ディレクティブ発話内行為は日常会話にはもちろん、日本のドラマでの対話にもよく見られる。例えば、本研究で資料として使用されている『ホタルノヒカリ2』という日本のドラマである。ディレクティブ発話内行為の中でポライトネスから発話内行為の目的が見られる。

Penelitian ini menggunakan acuan teori Searle untuk mengklasifikasi jenis tindak ilokusi direktif berupa perintah, permohonan atau permintaan, tuntutan, larangan, dan anjuran, saran atau nasehat, dan teori Leech untuk analis fungsi ilokusi dilihat dari tingkat kesopanan. 

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ditemukan 5 jenis tindak ilokusi direktif berupa perintah, permohonan atau permintaan, tuntutan, larangan, dan anjuran, saran atau nasehat. 

Kemudian ditemukan 4 jenis fungsi ilokusi dilihat dari tingkat kesopanan yaitu kompetitif (competitive), menyenangkan (convivial), bekerja sama (collaborative), dan bertentangan (conflictive).

本研究ではSearle の理論を基にして命令・申請・主張・禁止・忠言のディレクティブ発話内行為を、Leechの理論を基にしてポライトネスから発話内行為の目的を、分析した。本研究では定性の記述という研究方法で分析した。本研究の結果として命令・申請・主張・禁止・忠言の五つのディレクティブ発話内行為を見つけた。その中からcompetitive, convivial, collaborative, conflictive の四つのポライトネスから発話内行為の目的を見つけた。


Pada penelitian berikutnya disarankan lebih dalam meneliti tentang tindak tutur, tidak hanya meneliti tindak ilokusi direktif saja. Tetapi juga meneliti tindak tutur ilokusi, perlokusi dan jenis-jenis ilokusi dengan menggunakan data dari komik, film atau dari percakapan sehari-hari yang nyata.


次の研究への提案として、漫画・映画・実体験でディレクティブ発話内行為ではなく、発話内行為・発話行為・発語媒介行為の言語行為を詳しく分析することだと思う。 

Sumber: Skripsi sendiri*自分の論文

0 Komentar