Kata Milik atau Kepunyaan (Partikel - No) dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, minnasan hari ini hikari sensei mau menyanyi lagunya Yovie n Nuno. Yang ini lhoo..
Dia milikku, bukan milikmu..
Kira-kira artinya apa ya? Setelah pelajaran ini usai pasti anda bisa menjawabnya.

Kata Milik atau Kepunyaan (Partikel - No) dalam Bahasa Jepang

Karena sekarang kita bahas tentang bagaimana menyatakan milik atau kepunyaan.

Menyatakan milik dalam bahasa Jepang dilambangkan dengan partikel ~No.

Rumus: Nama orang + Partikel No + Desu
Milik saya / Punya saya: Watashi no desu [私のです]
Milik kamu / Punya kamu: Anata no desu. [あなたのです]
Miliknya / Punya dia: Kare no desu. [かれのです]
Milik orang tua / Punya orang tua: Ryosin no desu. [両親のです]
Milik Mas Anton: Anton-san no desu. [アンタンさんのです]
Milik Siapa? Dare no desuka? [だれのですか]

Contoh
Sato adalah pacar saya
佐藤さんは私の恋人です。
Sato-san wa watashi no koibito desu.

Bukumu dimana?
あなたの本はどこですか。
Anata no hon wa doko desu ka?

Anaknya Intan cantik sekali
インタンさんの子供はとてもきれいです。
Intan-san no kodomo wa totemo kirei desu.

Rumus:
Ini / Itu + Nama Orang + Partikel No + Kata benda

Sambil review pelajaran kemaren yang are, kore dan sore / ini dan itu-nya bahasa Jepang. Yuk kita latihan.

Ini adalah buku saya
Kore wa watashi no hon desu.
これはわたしのほんです。

Yang perlu diperhatikan disini adalah buku saya.
Yang harus ditulis terlebih dahulu yaitu saya baru bukunya, sedangkan partikel milik ditulis diantara itu.

あれはせんせいのカメラです。Itu adalah kamera milik guru
            ドラさん dora-san
             あなた kamu

あれはだれのカメラです。Itu kamera milik siapa?
Are wa dare no kamera desu ka?

Nah sekarang tahu artinya, dia milikku, bukan milikmu?

Kare wa atashi no desu, anata no Ja nai..
彼はあたしのです、あなたのじゃない。

Semoga bermanfaat pelajaran kali ini, jika belum paham bisa ditanyakan di komentar ya minasan. :D

0 Komentar