Cara Menulis Nama Orang Indonesia dalam Bahasa Jepang

Sudah belajar huruf katakana yang sangat lengkap ya kemaren sama hikari sensei.

Hari ini saatnya kita langsung praktek menggunakan huruf katakana. Sangat mudah sekali. Jika anda masih belajar, nanti saya posting lagi huruf katakana lengkap. 

Cara Menulis Nama Orang Indonesia dalam Bahasa Jepang

Bisa di download juga ya. Kartu katakana lengkap berwarna disini.

Katakana fungsinya untuk digunakan menulis bahasa asing seperti bahasa Indonesia. Jadi jika anda menulis nama Indonesia anda sendiri, haruslah pakai katakana bukan hiragana ataupun kanji.

Cara Menulis Nama Orang Indonesia dalam Bahasa Jepang
Cara Menulis Nama Orang Indonesia dalam Bahasa Jepang

Sekarang kita coba nama yang paling mudah dulu:

Sari    =    サリ (sa - ri)
Roni   = ロニ (ro - ni)
Rosa   =    ロサ (ro - sa)

Ketiga nama di atas adalah nama yang bisa ditulis tanpa ada perubahan karena semua suku kata ada di daftar hiragana.

Nama yang agak sulit:

Santi = サンティ (san - thi)

Ti ditulis dengan thi karena jika ditulis ti yang muncul adalah tulisan chi

Faisal =    バイサル  (ba - i - sa - ru)

Huruf F berubah jadi b, dan huruf l jadi ru

Vony = ボニ (bo - ni)

Huruf v jadi b, dan huru y jadi i (sesuai dengan cara bacanya)

Nama yang sulit:

Syahrial   = シャリアル   (sha - ri - a - ru)
Sy jadi sh, l menjadi ru, sementara h dihilangkan
David      = ダビド            (da - bi - do)
v jadi b, dan d jadi do
Lala        = ララ                 (ra - ra)
l jadi r 

Kumpulan nama Indonesia:

Joko:      ジョコ          (jo - ko)
Siti:        シティ          (shi - thi)
Ahmad:  アマド         (a - ma - do)
Rani:      ラニ              (ra - ni)
Lisa :     リサ              (ri - sa)
Qomar:  コマル         (ko - ma - ru)
Saqila:   サキラ         (sa - ki - ra)
Friska:   フリスカ    (fu - ri - su - ka)

Sepertinya sudah banyak tuh contohnya. Sekarang giliran kamu yang menuliskan nama di komentar ya. Nanti biar sensei cek satu per satu. 

Maaf ya kak, aq ga bisa balas satu-satu pesan kalian, terima kasih yang sudah komen. Maksud hati pengen bales semuanya, tapi kayanya eror.. soalnya tiap aku bales mulai dari "sukrianto" tapi tetep aja gak mau muncul tulisannya. Jadi maaf sekali ya ga bisa bales lagi. Coba yang udah aku ajarin ini aja. Terima kasih. 

Kursus Intan Hikari 
Menerima Kursus bahasa Jepang 
Surabaya, Malang, dan Batu 
085-64-660-9595

330 Komentar

  1. Balasan
    1. 「アルディカ」と書きますね。

      Hapus
  2. kamelia : カメリア

    BalasHapus
  3. Syahrul Ikhwan Ramadhan gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. シャルー イクワン ラマダン と書きます。

      Hapus
  4. Resa Aini Wulan kek gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. レサ アイニ ウラン と書きます。

      Hapus
  5. Dina wasya min?
    Sama Didit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dina wasya = ディナ ワシャ
      Didit = ディディト

      Hapus
  6. Dzaky putra Pratama gmn min

    BalasHapus
  7. fitria amanda gimana min?

    BalasHapus
  8. Wahyu Pamungkas dong pliss

    BalasHapus
  9. Wahyu Pamungkas dong pliss

    BalasHapus
  10. Ilham Maulana Ahmad gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. イルハム マウラナ アーマド

      Hapus
  11. Ekalaras Nur Ofifah = (エカlアラス ヌル オfイfアh). Pas Ofifahnya gabisa Min :(. Mohon bantuannya.. .

    BalasHapus
  12. inggrit indrahati nurullilah gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. イングリット インドラハティ ヌルッリラー

      Hapus
  13. Ghufran Fadhlurrahman min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. グフロン ファデュルラーマン

      Hapus
  14. Mareta Dwi Atmaja
    Rosmala
    Danar Dono
    Tlng dong min dlm huruf hiragana

    BalasHapus
    Balasan
    1. まれた でゅうぃ あとまじゃ
      ろすまら
      だなる どの

      Hapus
  15. kalo khoerur rozikin gimana min?

    BalasHapus
  16. khoerur rozikin gimana min?

    BalasHapus
  17. Min, khomsi ganteng, gimana 😅

    BalasHapus
  18. Min, Vigge Diandra Pusaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ビアッゲ ディアンドラ プサカ。

      Hapus
  19. Min,tiurma sri bintang melawaj br.tampubolon
    Gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 長すぎるね。。あの名前。。ティウルマ スリ ビンタン メラワイ ビエル タンプボロン。

      Hapus
  20. Min,tiurma sri bintang melawaj br.tampubolon gimana?dalam huruf katakana

    BalasHapus
  21. min,tiurma sri bintang melawaj br.tampubolon gimana?

    BalasHapus
  22. Rifqi ananda
    Bagaimana tulisannya ?

    BalasHapus
  23. Noval Dwi Rahman gimana min?

    BalasHapus
  24. Muhtiar ali asba coba min

    BalasHapus
  25. Taufik Hidayat gimana min?

    Sama Ganeas

    BalasHapus
  26. Halo kak, saya izin bertanya. Kalau nama Rara dan Rina itu ditulis menggunakan hiraga atau katakana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katakana kak, soalnya nama Indonesia.. kalau nama Jepang pake hiragana atau kanji ya :)

      Hapus
  27. Ala sm mulki min

    BalasHapus
  28. Fadilla salma nur anasya
    Sakinah salwa
    Sugiarti ningsih
    Soim ilyas
    Kamu itu hebat

    BalasHapus
    Balasan
    1. 多すぎる。。ごめなさい。
      1名前だけで。
      Fadilla salma nur anasya = ファディッラ サルマ ヌル アナシャ

      Hapus
  29. Tang san sama yaby gimana min?

    BalasHapus
  30. Kak kalau Dirya itu kan jadi Di-Ru-Ya
    Kalau Khoir, Cara nulis kata "Kho" nya itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, kho jadi ko aja kak .. soalnya h ga ada

      Hapus
  31. Min, irfi azzahro gimana?

    BalasHapus
  32. Kadek Nanda Damayanti
    Itu gimana huruf Katakana nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. カデク ナンダ ダマヤンティ

      Hapus
  33. Min,kalo feries gmn...???makasih

    BalasHapus
  34. "iis setyana" gimana kak.? Plisss

    BalasHapus
  35. Dzaky Destiawan Pradipto min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ザキ デスティアワン プラディプト

      Hapus
  36. Hairu rizki Ar
    Gimana min

    BalasHapus
  37. "Talitha" kyk Gimana min?

    BalasHapus
  38. Maaf kalo

    Christiano:
    Ano:
    Christiano lovero:
    Min

    BalasHapus
    Balasan
    1. 多すぎる、ダメだよ。
      Christiano: クリシティアノ
      Ano: アノ

      Hapus
  39. Bagas Ariyansah gimana min?

    BalasHapus
  40. Min,Kalau Nugro gimana?

    BalasHapus
  41. min,syahwa agustin kaya gimana?

    BalasHapus
  42. Kalo Mulvia meilawati gimana ya min?

    BalasHapus
  43. Asri fauziah ramadani gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. アスリ ファウジアー ラマダニ

      Hapus
  44. 1. Muhammad ilyas khaelani
    Sama
    2. Yacchi
    Gimana nulisnya min🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Muhammad ilyas khaelani = ムハマット イルヤス カエラニ
      2. Yacchi = ヤッチ

      Hapus
  45. Destavian Prihatyano gimana sih,msh kurang paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. デスタビアン プリハティアノ

      Hapus
  46. Angga Ardiansyah Sutisna

    Giman ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. アンガ アルディアンシアー

      Hapus
  47. Kalo Dyah ayu mawarsari gimana min?

    BalasHapus
  48. RISMAN ALFANANDI Min gimana🙏

    BalasHapus
  49. Min mau minta tolong buatin nama
    Aaldz

    BalasHapus
  50. ahmad noval amir siddiq

    BalasHapus
  51. Min.. Azahra khoirunisa gimana min..

    BalasHapus
  52. " Rama Alif Fadilah " gimana mint ?

    BalasHapus
  53. Rama Alif Fadilah gimana mint ?

    BalasHapus
  54. Kalo Febri efranda gmana minta?

    BalasHapus
  55. Zulfikri min please 😅🙏

    BalasHapus
  56. min, kalau zaskia gimana?

    BalasHapus
  57. Elwis Prisna Diartuti gimana ya min?

    BalasHapus
  58. Kalo Pradipta Bagaskara apa min?

    BalasHapus
  59. Kakak admin kalau angga Kurnia Febriansyah apaan min?

    BalasHapus
  60. Min kalo "Afri Wahyudi" gimana

    BalasHapus
  61. Min, kalau "Orlando" bagaimana penulisannya? Masih bingung krna hurufnya ga seperti a-z, seperti dlm bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  62. Min, eric julian gimana ? thanks

    BalasHapus
  63. Rozi saputra
    Septi Intan Pandin gmna min,mohon bntuaannya min 🙏🙏

    BalasHapus
  64. Kalo EBWIN RIBUT FIRMANSAH GIMANA KAK SOALNYA LANGKA :)

    BalasHapus