Belajar Bahasa Jepang Bab 1 Minna No Nihongo Part 1

Hallo minnasan kembali lagi dengan Hikari sensei ya. Hari ini kita belajar Minna no nihongo 1 Edisi 1. Tepatnya pada Renshu A, halaman 8. 

Pada nomer 1.


 Watashi wa Maiku Miraa desu.
  Saya adalah Mike Miller.

Watashi = saya, partikel wa = adalah, 

Mike Miller (Nama Orang) jadi Maiku Miraa karena pengucapan orang jepang yang agak gak beraturan, dan huruf L juga ga ada. 

Sedangkan desu. Hanya sebuah akhiran agar terlihat sopan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca arti desu.

    Watashi wa Kaishain desu.
    Saya adalah Karyawan.

Watashi = saya, partikel wa = adalah, kaishain = karyawan,
Sedangkan desu. Hanya sebuah akhiran agar terlihat sopan. 


Pola kalimat Nomer 1 bisa anda gunakan untuk memperkenalkan diri, seperti menyebutkan nama, dan pekerjaan. 

Kalau dijadikan 1 gimana? 
Pertanyaan yang bagus ya

Jawabannya adalah:
Watashi pada kalimat ke 2 dihilangkan saja.

Saya Mike Miller. Karyawan perusahaan.

Watashi wa Mike Miller desu.
Watashi wa Kaishain desu.

Misalnya:
Saya adalah Mike Miller, Karyawan Perusahaan.
 わたしはマイク・ミラーです。です。かいしゃいんです。
Watashi wa Maiku Miraa desu. Kaishain desu.

Dia adalah Tono, seorang dokter.
 かれはトノさんです。いしゃです
Kare wa Tono san desu. Isha desu.

Pada nomer 2.


Watashi wa Kaaru Shumitto Ja Arimasen.
Saya bukan Carl Smith


Bukan = Ja Arimasen. 

Beda dengan bahasa Indonesia. kata "bukan" di Jepang adalah di belakang kata benda / kata orang. 

Contohnya: 
Bukan orang = hito ja arimasen(ひとじゃありません)
Bukan boneka = ningyou ja arimasen(にんぎょうじゃありません)
Buhan hantu = obake ja arimasen (おばけじゃありません)

Watashi wa Enjinia Ja Arimasen
 Saya bukan Teknisi.

Bukan juga bisa digunakan untuk pekerjaan atau keterangan.

Contohnya:
Saya bukan dokter
わたし は いしゃじゃ ありません。
Watashi wa isha ja arimasen.

Anton bukan guru.
アントンさん は せんせいじゃ ありません。
Anton-san wa sensei ja arimasen.

Sekarang bukan pagi.
いま は あさじゃ ありません。
Ima wa asa ja arimasen.

Ja Arimasen juga bisa diganti dengan  dewa arimasen (ではありません).
Penggunaannyan juga sama.

Contohnya:
Rudi bukan orang Surabaya.
ルディさんは スラバヤ人では ありません。
Rudisan wa Surabaya jin dewa arimasen.

Sekarang coba kita pakai kata tapi, untuk kalimat bukan.

Saya bukan guru tapi murid. 
わたしは先生じゃありません生徒です。
Watashi  wa sensei ja arimasen ga, seito desu.

Ani bukan dokter, tapi mahasiswa.
アニさんは医者じゃりません大学生です。
Anisan wa isha ja arimasen ga, daigakusei desu.

Sekarang kita akan gabungin ya pola no 1, dan no 2. Dengan membuat sedikit kalimat perkenalan.

Selamat siang,
こんにちは。
konnichiwa

Saya adalah romo.
わたしはロモです。
Watashi wa Romo desu.

Pegawai bank.
銀行員です。
Ginkouin desu.

Orang Malang.
マランじんです。
Malang jin desu.

Bukan orang Surabaya. tapi tinggal di Surabaya.
スラバヤ人じゃありませんがスラバヤに住んでいます。
Surabaya jin ja arimasen ga surabaya ni sunde imasu.

Sekarang ayo coba latihan:

1. Selamat pagi
    Saya adalah Ando, bukan andi.
    Saya adalah mahasiswa.

2. Kamu bukan dokter, tapi orang itu.

3. Saya adalah manusia, bukan mainan.

4. Sekarang siang, bukan malam.

5. Shinta adalah pelajar SMA, bukan mahasiswa.


Jawabannya di sini ya.. Sensei mau mengajar dulu. bai bai. Mata Ashita.

0 Komentar