10 Kalimat Terima Kasih Bahasa Jepang yang Perlu Anda Kuasai!

1. Iro Iro Arigatou Gozaimashita [いろいろありがとうございました]
Iro - iro jika berdiri sendiri artinya bermacam-macam. Kalau ditambah Arigatou gozaimashita berarti terimakasih sudah melakukan banyak hal (bermacam-macam misalnya mengantar, menjemput, membantu, dan lain-lain) untuk saya.

Ingat ya cara bacanya sudah saya ajarkan di artikel sebelumnya arigatou gozaimashita. Bentuk mashita diatas juga adalah tanda bahwa kata terima kasih itu ditujukan untuk kejadian yang sudah terjadi.

2. Makoto ni arigatō gozaimashita. [真に / 本当に ありがとう ございました]
Makoto bisa diartikan benar-benar atau sungguh-sungguh. Jadi artinya Saya benar-benar berterima kasih atau saya sungguh-sungguh berterima kasih kepada anda.

3. Goshinsetsu arigatōu gozaimashita. [ご親切 ありがとう ございました]
Bentuk go~ disini berarti sebuah penghormatan atau sopan santun kepada lawan bicara {keigo}. Sedangkan shinsetsu adalah ramah. Ketika kedua kata tersebut digabungkan dengan arigatou gozaimashita berarti artinya terima kasih atas keramahan anda selama ini. 


Adanya bentuk sopan, kata terima kasih ini pantas diucapkan untuk orang yang dihormati atau dituakan.

4. Atatakai omotenashi, hontō ni arigatō gozaimashita. [暖かい お持て成し、本当に ありがとう ございました]
Atatakai artinya hangat, sedangkan omotenashi bisa dikatakan sambungan. Jika disatukan dengan kata arigatou gozaimashita artinya terima kasih atas sambutan hangat anda. Kita bisa mengucapkan ini ketika bertamu pada rumah orang atau kita diundang ke suatu acara.


Macam-Macam Kalimat Terima Kasih yang Perlu Anda Kuasai!

5. Kokoro kara kanshashimasu. [心から 感謝します]
Menurut saya kata ini mirip seperti Alhamdulillah karena kata ini merupakan terima kasih akan harapan, keinginan atau doa yang telah terwujud. 

Artinya sendiri adalah terima kasih yang tulus dari dalam hati yang paling dalam. Bisa diucapkan untuk Allah atau Tuhan, maupun pada seseorang yang telah membantu kita untuk mencapai keinginan.  

6. Chuui shite kudasari, arigatou gozaimasu [注意して下さり、ありっがとうございます]
Dipakai pada saat kita berbicara dan ditujukan kepada audien yang sedang menyimak pembicaraan kita. Kita juga bisa gunakan saat menjadi pembawa acara. Kalimat terimakasih diatas artinya terima kasih banyak atas perhatian anda.

7. Nan to orei o itte ii ka wakarimasen. [なんとお礼を言ってわかりません]
Kalimat ini artinya "Saya tidak tahu harus berkata terima kasih seperti apa kepada anda." Anda bisa pakai untuk berterima kasih kepada orang yang sangat baik kepada anda. Sampai-sampai anda ingin mengucapkan terimakasih ribuan kali sampai kurang. 

8. Kokoro kara orei o moushiagemasu. [心からお礼を申し上げます] 
Kalimat yang satu ini artinya saya ucapkan terima kasih dari lubuk hati yang paling dalam. Bentuknya sangat sopan karena memakai moushiagemasu [sonkei-go]. Bisa dipakai untuk orang yang dihormati atau dituakan.

9.Goshinsetsu wa shinde made mo wasuremasen. [ご親切は死んでまでも忘れません] 
Kalimat terima kasih yang sangat lebai dan artinya dalam sekali. Bisa dipakai misalnya anda mendapat uang kaget 1 milyar yang diberi oleh orang yang tidak terduga. Anda bisa mengucakapkan "Sampai mati pun saya tak akan melupakan kebaikan anda" dalam bahasa Jepang.

10. Taihen arigatou gozaimashita. [たいへんありがとうございました]
Taihen artinya sangat. Jika digabungkan artinya sama dengan makoto ini arigatou gozaimasu yaitu sangat berterima kasih. 

Nah bagaimana pelajaran bab 2 kali ini? Jika masih kurang anda bisa membaca ucapan-ucapan terimakasih dalam bahasa Jepang selain arigatou

0 Komentar